Ini penyebab kenari indukan tak mau bertelur

3/16/2017
Banyak peternak kenari terutama pemula yang bertanya mengapa burung indukan yang mereka coba ternak itu tak juga kunjung bertelur. Menyimak beberapa kasus yang terjadi, penyebab indukan tak mau bertelur itu bisa diakibatkan oleh berbagai faktor seperti berikut ini. 

Ini penyebab kenari indukan tak mau bertelur




Tanpa pengetahuan yang cukup, kegagalan dalam ternak kenari bisa menjadi momok bagi peternak pemula yang terlalu berambisi ingin melihat burung yang diternaknya itu beranak pinak. Beragam masalah bisa muncul dalam prosesnya tersebut, yang salah satunya adalah indukan yang tak kunjung bertelur. 


Masalah indukan yang tak kunjung bertelur dapat membuat galau pemiliknya, bahkan sebagian dari mereka akan menyerah dan memilih berternak jenis burung lainnya, misalnya lovebird atau parkit. Padahal jika sudah diketahui sumber masalahnya, ternak kenari akan menjadi lebih mudah untuk dilanjutkan. 

Secara umum ada beberapa penyebab kenari indukan tidak juga mau bertelur. Berikut beberapa di antaranya : 

Kenari indukan yang belum cukup umur atau masih muda 

Burung kenari yang masih muda atau belum cukup umur cenderung belum siap untuk kawin dan berbiak. Selain itu, mereka juga masih memiliki sifat yang cukup agresif terhadap pasangannya. Oleh karena itu, sebelum memulai upaya penangkarannya, pastikan burung kenari yang akan diternak itu sudah berumur lebih dari 8 / 9 bulan. 

Salah satu burung kurang / tidak produktif. 

Walaupun sudah cukup umur, namun kenari indukan tak juga kunjung bertelur maka ada kemungkinan salah satu indukan memiliki kondisi tidak  / kurang produktif. Kondisi tersebut bisa saja dialami oleh kenari jantan ataupun betina, atau bahkan kedua-duanya. 

Untuk mengatasinya, anda bisa memberikan suplemen khusus penangkaran seperti BirdMature yang memang dikhususnya untuk menangani indukan yang kurang produktif. BirdMature mengandung zat-zat yang diperlukan untuk meningkatkan fertilitas / kesubutan dari burung indukan. BirdMature ini bisa didapatkan di agen-agen omkicau yang ada di kota anda. 

Bulu sekitar kloaka yang terlalu tebal 

Ada kalanya indukan yang sering terlihat kawin tapi tak juga kunjung bertelur itu disebabkan oleh menumpuknya bulu-bulu tebal di sekitar kloakanya. Hal tersebut tentu dapat menghambat proses pembuahan.Mengatasinya cukup dengan mencukur bulu-bulu yang menutupi area kloaka dari burung jantan dan betinanya. 

Lingkungan yang terlalu panas atau kurang lembab

Sangkar yang ditempatkan di tempat yang bersuhu panas akan menyebabkan burung tidak nyaman di dalamnya. Salah satu persyaratan yang dibutuhkan dalam berternak burung kicauan adalah lokasi sarang yang berada di tempat yang sejuk dan lembab. Jika suhu ruangan atau tempat menggantungnya terlalu panas, maka burung tidak akan bisa berbiak dengan nyamannya. Untuk mengatasinya, jika anda tidak memiliki ruangan yang cukup untuk menyimpan sangkarnya dapat dilakukan dengan menyediakan bak berisi spons yang telah diisi air di dasar sangkar / kandang ternaknya atau bisa juga menggunakan peralatan humidifier untuk memberi kelembaban yang dibutuhkan. 

Itulah beberapa penyebab kenari indukan tak mau bertelur. Untuk menambah pengetahuan kicaumania tentang cara menangkarkan burung kenari, silakan simak lagi beberapa tulisan berikut: 


Salam kicau!

Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait