Memaster burung secara efektif

3/23/2017
Memaster merupakan salah satu cara kicaumania mengajari momongannya agar memiliki suara kicauan yang lebih bervariasi dan juga sesuai dengan yang diinginkannya. Metode pemasteran biasanya dilakukan dengan beragam cara yang disesuakan dengan kemudahan dan ketersediaan sarana pemasterannya. Berikut ini cara memaster burung kicauan dengan efektif. 


Memaster burung secara efektif



Pemasteran yang dilakukan oleh kicaumania umumnya terdiri dari beragam cara dan metode, mulai dari menggunakan burung-burung masteran, memutarkan suara rekaman dari audio player sampai penggunaan perangkat elektronik khusus pemasteran. Apa pun cara yang dilakukan, semua untuk satu tujuan yaitu agar burung kesayangannya mempunyai suara yang lebih bervariasi. 

Banyak kicaumania tertarik melakukan pemasteran terutama agar momongan mereka itu bisa tampil lebih maksimal pada waktu dilombakan, selain itu juga agar memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Pemasterannya itu sendiri sebenarnya bisa dilakukan kapan dan dimana saja, namun untuk hasil yang lebih efektif anda bisa menerapkan beberapa tips pemasteran berikut ini;

Pemasteran menggunakan burung dan audio masteran 

Pada tahap ini, pemasteran dengan burung masteran tentu membutuhkan burung yang sudah rajin bunyi alias gacor. Karena kalau burung masteran masih bakalan atau belum rajin bunyi tentu dapat menghambat proses pemasterannya. Ada banyak jenis burung kicauan yang termasuk dalam kategori burung masteran, di antaranya adalah: ciblek, cililin, cucak jenggot, kapas tembak, lovebird, dan sebagainya. 

Cara memaster yang baik adalah sebagai berikut:


  • Pemasteran sebaiknya dilakukan dalam sebuah ruangan / kamar khusus, hal ini bertujuan agar burung yang akan dimaster menjadi lebih fokus terhadap suara masterannya. Tapi jika tidak memiliki ruangan yang cukup, pemasteran juga bisa dilakukan di luar ruangan dengan syarat tidak ada gangguan dari lingkungan sekitar seperti suara berisik dari orang yang lalu lalang maupun dari burung peliharaan lainnya. 
  • Gantung sangkar burung yang akan dilatih pada posisi di tengah-tengah ruangan dengan kondisi tertutup kerodong. 
  • Jika menggunakan burung masteran, maka sangkarnya bisa digantungkan tidak jauh dari burung yang akan kita isi tersebut. 
  • Sedangkan jika ingin menggunakan suara rekaman atau perangkar elektronik, maka perangkat tersebut bisa diletakkan tidak jauh dari bawah sangkarnya. Lalu putarkan suara masterannya tersebut dengan volume sedang atau jelas. 
  • Untuk hasil yang lebih baik, audio masteran yang digunakan sebaiknya bersih dari noise maupun suara-suara lain yang mengganggu. 
  • Lakukan pemasteran setiap hari selama dua - tiga kali sehari. Proses pemasteran itu sendiri bisa dilakukan pada pagi, siang dan sore hari dan harus dilakukan secara teratur. 

Untuk tahap pertama, putarkan satu jenis audio masteran terlebih dahulu, setelah beberapa hari baru diganti dengan jenis suara masteran lainnya.

Demikian tips pemasteran yang efektif ala agrobur.com, semoga manfaat. 

Salam... 
Katalog Produk Omkicau

Artikel Terkait