Panduan praktis merawat burung kenari agar cepat gacor .

3/18/2017
Merawat kenari agar cepat rajin bunyi atau gacor dalam waktu yang singkat tentu membutuhkan penanganan yang penuh perhatian terutama dari segi pemberian pakan dan pola rawatan yang diterapkan. Namun tidak berarti semua kenari yang dipelihara bisa langsung gacor begitu saja, karena ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh burung.  

agar kenari cepat gacor



Oleh karena itu, panduan praktis agar kenari cepat gacor berikut ini dikhususkan hanya untuk burung yang sudah dewasa namun cenderung ngeriwik saja. Perawatan yang dilakukan berikut ini akan membantu meningkatkan birahi burung sehingga cepat mengeluarkan suaranya yang lantang. 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan burung kenari agar cepat gacor, yaitu: 


Memberikan pakan yang seuai

Burung kenari membutuhkan asupan pakan yang penuh gizi untuk membuatnya tetap aktif dan rajin berbunyi. Nah, beberapa pakan berikut ini jika diberikan secara rutin bisa membantu menjadikan kenari semakin bertambah gacor.

Berikut beberapa jenis pakan tambahan yang dapat anda berikan pada burung kenari yang cenderung ngeriwik saja atau tidak mau lepas suara: 
  • Kroto dikenal mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi. Burung kenari pun bisa mengonsumsi kroto jika diberikan dengan cara yang tepat, yaitu memberikan beberapa butir kroto yang berbentuk seperti kapsul.  
  • Telur puyuh rebus juga memiliki kandungan protein yang tidak jauh berbeda dengan kroto. Namun pemberian telur rebus ini sebaiknya tidak setiap hari atau diberikan beberapa kali dalam satu minggu karena dapat menjadikan burung menjadi kegemukan. Seperti kita tahu, kalau burung sudah kegemukan tentu akan menjadi malas bergerak apalagi berkicau. 
  • Telur rebus pun dapat juga diracik menjadi pakan yang sangat bermanfaat bagi burung kenari, khususnya untuk menjadikannya bertambah rajin berbunyi. Telur rebus bisa dicampurkan bersama dengan pakan biji-bijiannya yang lain maupun ditambah dengan jenis makanan lainnya misalnya remah roti, biskuit, dsb.
  • Buah apel merah yang dipotong-potong kecil sangat disukai oleh burung kenari. Namun perlu diperhatikan sebelum memberikan buah apel ini sebaiknya buah tersebut direncam dahulu dalam air garam, setelah itu dicuci bersih dan dibuang bijinya. Berikan dalam bentuk potongan kecil. 
  • Selain buah apel, anda bisa juga memberikan beberapa jenis buah-buahan lainnya seperti jeruk baby, buah naga, dan sebagainya. 
  • Beberapa jenis daun dari tanaman liar bisa diberikan sebagai pakan tambahan yang dipercaya mampu menjadikan kenari bertambah gacor. Beberapa jenis dedaunan yang cukup dikenal antara lain: Daun mengkudu, daun krokot, daun ginseng, daun dewa, dan sebagainya. 
  • Pemberian biji-bijian dapat dilakukan dengan mencampurkan beberapa jenis biji-bijian yang dianggap mampu meningkatkan birahi, misalnya milet putih dan merah, sawi, niger seed, dan fumayin. 
  • Sayur-sayuran segar bisa membantu meningkatkan stamina dan membuat burung selalu rajin berbunyi. Beberapa jenis sayur-sayuran yang bisa diberikan adalah oyong, kangkung, tauge, dan jagung muda. 
  • Beberapa jenis kenari mau mengonsumsi serangga sejenis ulat hongkong, kalau kenari anda mau memakannya apa salahnya untuk menambahkan 1 - 2 ekor ulat hongkong dalam perawatan hariannya. Ulat hongkong memiliki kandungan protein yang lebih tinggi sehingga mampu menjadikan burung rajin berbunyi. 

Perawatan mandi dan jemur

Setiap pagi hari, burung kenari dikeluarkan dari dalam rumah dan setelah diangin-anginkan sebentar kemudian burung dimandikan dengan cara disemprot hingga basah kuyup. Setelah itu, kenari tersebut dijemur di bawah terik matahari pagi dan dibiarkan selama beberapa jam sebelum akhirnya kita pindahkan ke tempat yang lebih sejuk. 

Pemasteran

Pemasteran menjadi bagian penting dalam perawatan burung kenari agar cepat gacor. Selain dapat mengisi variasi suara kicauannya, suara masteran juga bisa memancing burung tersebut untuk bertambah rajin berbunyi. Lakukan pemasteran dengan menggunakan suara rekaman dari perangkat mp3 maupun dari burung masteran lain yang digantung tidak jauh dari sangkarnya. 

Pemberian suplemen atau vitamin

Tambahan multivitamin maupun suplemen penting yang dibutuhkan burung sangat diperlukan khususnya untuk menjaga kondisi burung kenari agar selalu berstamina, aktif, sehat, dan rajin bunyi. Suplemen tersebut bisa didapatkan melalui pemberian pakan racikan maupun memberikan multivitamin khusus seperti BirdVit atau TestoBird Booster (TBB). 

Menjaga kebersihan

Bagian terakhir dari perawatan kenari agar cepat gacor adalah selalu menjaga kebersihan sangkar dan perlengkapannya. Hal tersebut sangat penting dilakukan mengingat kenari membutuhkan lingkungan yang sehat untuk membuatnya tetap rajin berbunyi. Sangkar yang kotor dan perlengkapan makan/minum yang penuh jamur tentu akan menjadi sarang bakteri dan parasti yang bisa mengganggu penampilan burung di dalamnya. Selain itu, kenari pun akan rentan terserang penyakit, kutu dan juga gangguan pernafasan.  

Demikian panduan praktis merawat kenari agar cepat gacor. Dengan menerapkan lima pola rawatan di atas, maka kenari yang tadinya cenderung ngeriwik saja atau kurang gacor akan menjadi lebih rajin berbunyi dengan suaranya yang lantang. 

Salam 

Katalog Produk Omkicau

Artikel Terkait