Perhatikan ini saat memilih pakan burung kicauan

3/12/2017
Kebutuhan pakan yang sesuai merupakan hal yang sangat vital untuk kelangsungan hidup burung peliharaan. Selain itu, penting sekali bagi kicaumania untuk memerhatikan kecocokan antara pakan yang digunakan dengan jenis burung yang dirawat. 


cara memilih pakan burung




Dalam merawat burung peliharaan, hal paling utama yang perlu diperhatikan dalam pemilihan pakan adalah terpenuhinya kriteria empat sehat lima sempurna. Pakan yang digunakan harus mengandung unsur-unsur karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral.

Jika semua unsur-unsur tersebut terpenuhi dan dengan jumlah yang cukup, maka kesehatan burung peliharaan akan selalu tetap terjaga. Di samping itu, burung juga akan menjadi lebih rajin berkicau dengan suaranya merdu, lincah dan mempunyai bulu yang lebih indah dan kuat.

Dalam pakan burung kicauan, karbohdirat merupakan salah satu unsur yang berfungsi sebagai sumber energi, pembakar lemak, memperkecil oksidasi protein menjadi energi, serta mampu menjaga dan memelihara fungsi normal alat-alat pencernaan. 

Secara umum, kadar karbohidrat dalam tubuh tubuh adalah dua persen, sedangkan pakan burung yang baik mengandung sedikitnya 70 persen karbohidrat. Kandungan tersebut terdapat dalam buah pepaya, kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai, dan pisang. 

Unsur terpenting kedua adalah protein. Burung yang selalu kekurangan protein cenderung bertubuh kurus / nyilet, bulu yang mudah rusak, kerdil, gemar mencabuti bulunya sendiri (kanibal) dan macet bunyi. 

Burung kicauan membutuhkan sekitar 35% dari bobot tubuhnya. Protein tersebut bisa diperoleh dari ikan, susu, cacing ,kacang tanah, kacang panjang, kacang hijau, dan kacang kedelai. 

Unsur lainnya adalah lemak yang bermanfaat sebagai sumber energi, saluran air metabolik, insulator atau pengatur suhu tubuh, juga mempunyai fungsi sebagai bantalan atau pelindung bagian tubuh. Lemak juga berfungsi sebagai pembawa vitamin A,D,E, dan K. 

Namun terlalu banyak mengonsumsi lemak juga tidak baik bagi burung, karena dapat memicu resiko kegemukan dan sumber-sumber penyakit lainnya. Padahal kalau burung sudah alami kegemukan tentu akan menjadi malas berkicau, dan sulit untuk berbiak. 


Sedangkan multivitamin memiliki fungsi membantu pembentukan dan memelihara sel-sel jaringan tubuh, melancarkan metabolisme, membentuk jaringan pengikat, dan membantu proses pembentukan darah.

Itulah beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam pemilihan pakan yang tepat untuk burung peliharaan. Untuk informasi lainnya mengenai pemilihan voer yang baik untuk burung, silakan buka lagi tulisan berikut ini: 



Dapatkan juga beragam informasi mengenai pakan burung dalam kategori di sini: 





Semoga bermanfaat
Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait