Sangarnya penampilan burung pambudi guntur

3/20/2017
Sempur hujan sungai atau dikenal dengan sebutan Pambadi guntur (Cymbirhyncus macrorhynchos) memiliki penampilan yang tampak sangar. Paruhnya tebal dan dada berwarna merah darah dengan kalung kehitaman di lehernya. Jika dilihat dari atas, burung ini berwarna hitam legam dengan sedikit corak merah pada tunggir dan garis putih di sayapnya. 




Selain penampilannya yang sangat garang itu, burung ini justru memiliki bulu beraneka warna yang sangat mencolok, dan sangat kontras sekali dengan suara kicauannya yang parau seperti suara tonggeret. Meskipun bertubuh kecil, namun kepakan sayapnya terdengar bak guntur. Karena alasan itu, masyarakat Dayak menjulukinya dengan nama Pambudi Guntur. 

Jenis burung ini menghuni hutan dataran rendah mulai dari Myanmar, Kamboja, Thailand, Malaysia, sampai ke Indonesia. Namun penyebarannya di Indonesia hanya terdapat di Sumatera dan Kalimantan saja. Sesuai namanya, spesies burung ini dapat ditmukan di sepanjang aliran sungai ketika berburu pakan favoritnya, yaitu serangga, kepiting, siput, dan ikan-ikan kecil. 



Karena berhabitat di sekitar aliran sungai, sempur-hujan darat atau Pambudi Guntur akan bersarang di pohon-pohon yang tidak jauh dari aliran sungai. Sarangnya unik, berbentuk memanjang dan menggantung di cabang pohon. Pada bagian tengahnya terdapat sebuah lubang tempat burung ini keluar masuk.

Suara kicauan burung sempur-hujan sungai atau black and red broadbill: 



Salam
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close