Cara mengatasi burung murai batu yang bersuara serak

4/16/2017
Murai batu yang bersuara serak tentu akan mengurangi penampilannya baik harian maupun lomba. Suaranya jadi kurang enak didengar, selain itu juga burung tersebut akan menjadi sangat rentan macet bunyi. Untuk mengatasinya, selain memberikan perawatan yang tepat, anda juga bisa memberikan terapi pengobatan dengan memanfaatkan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Berikut cara mengatasi burung murai batu yang bersuara serak

Cara mengatasi burung murai batu yang bersuara serak




Pada tulisan kali ini, kita akan mempelajari bagaimana mengatasi suara serak pada burung murai batu dengan mengunakan bahan-bahan herbal yang mudah anda temukan. 

Metode ini dianggap lebih aman dan manjur karena terbuat dari bahan-bahan alami, dan sering digunakan oleh kicaumania di Indonesia. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut: 

3 siung jahe 
3 siung kencur
2 sendok garam dapur yang beriodium.

Cara membuat: 

  • Semua bahan direbus dengan menggunakan campuran dua gelas air bersih.
  • Biarkan sampai mendidih atau selama kurang lebih lima menit sampai air rebusan berubah warna dan beraroma jahe maupun kencurnya. 
  • Setelah itu, angkat lalu dinginkan. 
  • Setelah air rebusan menjadi dingin, saring dengan menggunakan saringan lalu dimasukkan dalam wadah bersih. 
  • Ramuan sudah siap digunakan. 


Cara penyajian: 

  • Ramuan diberikan sebagai pengganti air minum hanya pada waktu pagi sampai sore harinya, setelah malam hari air tersebut bisa diganti dengan air minum biasa.
  • Untuk menambah khasiatnya, pemberian air ramuan ini bisa disertai dengan pemberian cacing tanah sebagai pakan tambahannya / EF.


Demikian tips mengatasi suara serak pada burung murai batu. 

Semoga manfaat 


Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus