Kisah si gelatik jawa yang kian menghilang . . .

4/06/2017
Dari dulu gelatik jawa (Lonchura oryzivora) sebenarnya merupakan jenis burung endemik di Pulau Jawa, Bali dan Madura. Namun burung ini kemudian diintroduksi ke berbagai tempat dan banyak negara-negara di dunia. Dalam perkembangannya, gelatik jawa terus mengalami penurunan populasi dan semakin menghilang di Tanah Air.

gelatik jawa



Gelatik jawa mempunyai ukuran tubuh sedang, dengan panjang mencapai 16 cm. Burung dewasa memiliki kepala yang hitam dengan bercak putih yang tampak mencolok pada pipi, tubuh bagian atas dan dada berwarna abu-abu, Perut merah-jambu, ekor bagian bawah putih sedangkan ekor bagian atas berwarna hitam, dan paruh berwarna merah.  

Walaupun dikenal dekat dan dapat beradaptasi dengan kehidupan manusia, namun gelatik jawa menjadi salah satu spesies burung dengan tingkat keterancaman yang tinggi. Sejak dahulu, burung berpenampilan cantik ini kerap dipelihara sebagai hewan peliharaan di dalam maupun di luar negeri.

Popularitas gelatik jawa sebagai burung peliharaan itulah yang menyebabkan kian maraknya penangkapan terhadap spesies burung ini, terlebih didukung dengan tingginya permintaan pasar di beberapa daerah. Kondisi tersebut secara langsung telah menyebabkan semakin tersungkurnya populasi gelatik jawa di alam.

Gelatik Jawa, Candi Prambanan, Yogyakarta © Dwi Aji Sujatmiko

Perburuan gelatik jawa untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik dan internasional sudah berlangsung sejak lama. Perburuan terhadap burung ini semakin marak pada dekade 1960-an hingga 1970-an. Terlebih lagi, gelatik jawa memiliki kebiasaan berkumpul dalam satu pohon sehingga membuatnya rentan tertangkap dalam jumlah yang sangat banyak. 

Bagi petani, gelatik jawa kerap dianggap sebagai hama pertanian karena sering memakan tanaman padi mereka. Hal itu pula yang menyebabkan semakin marakya penangkapan terhadap spesies ini. Selain itu, persaingan dengan burung gereja (Passer montanus) juga bisa menjadi salah satu penyebab populasi gelatik jawa di habitatnya semakin menghilang.


Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close