Ini dia pakan alternatif ketika kroto sulit didapatkan

4/18/2017
Walaupun bukan merupakan jenis pakan utama burung di alam liar, namun pemberian kroto untuk burung peliharaan selalu menjadi prioritas utama. Selain kandungan proteinnya yang tinggi, kroto dipercaya mampu meningkatkan stamina dan membuat burung menjadi lebih aktif. Tapi ada saatnya kroto sulit sekali didapatkan, sehingga kicaumania pun beralih pada pakan alternatif ketika kroto sulit didapatkan.

pakan alternatif ketika kroto sulit didapatkan




Selama ini pemanfaatan putih telur sebagai pakan burung kicauan masih dianggap tidak begitu penting jika dibandingkan dengan kuning telurnya. Padahal putih telur juga mengandung lebih banyak nilai nutrisi, dan dikenal dengan kandungan proteinnya yang tinggi. Selain sebagai sumber protein yang baik, putih telur juga memiliki kandungan sejumlah mineral penting lainnya seperti kalium, magnesium, kalsium, fosfor, tembaga, seng, dan zat besi.

Saat kicaumania kesulitan mencari kroto di pasaran, maka putih telur bisa digunakan sebagai pakan alternatif untuk menambal kekosongan tersebut. Kandungan nutrisi yang relatif tidak terlalu jauh berbeda menjadikan putih telur juga memiliki manfaat yang sama bagi burung kicauan seperti halnya kroto.

Cara memanfaatkan putih telur sebagai pakan alternatif ketika kroto sulit didapatkan:

  1. Siapkan satu butir telur ayam yang masih mentah, selain itu siapkan juga sebuah alat suntik berkapasitas 1cc, serta beberapa ekor jangkrik yang disesuaikan dengan setelan hariannya.
  2. Pisahkan putih telur dari kuning telurnya ke dalam mangkuk yang berbeda.
  3. Setelah itu, sedot putih telur dengan menggunakan alat suntik.
  4. Ambil seekor jangkrik, lalu suntikan putih telur ke dalam bagian tubuh dari jangkrik tersebut. Lakukan hal yang sama pada beberapa ekor jangkrik yang lainnya.


Semoga bermanfaat
Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait