Melatih burung cucak ijo mini mau makan voer

4/11/2017
Cica daun kecil atau lebih dikenal dengan sebutan cucak ijo mini adalah jenis burung dari keluarga Chloropsidea yang beberapa pekan terakhir ini tengah naik daun dan banyak ditemukan di pasaran. Meski bertubuh mungil namun suara kicauannya tak kalah dengan cucak ijo biasa. Masalah yang sering muncul dalam perawatannya adalah burung yang sulit makan voer, sehingga harus dilatih terlebih dahulu dengan pakannya tersebut. Berikut tips dan trik melatih burung cucak hijau mini agar mau makan voer.



Sebagian besar kicaumania beranggapan bahwa cucak hijau mini sebaiknya dipelihara tanpa pakan voer atau hanya diberikan pakan alaminya saja seperti buah dan serangga. Hal tersebut diyakini bisa membuat burung lebih aktif dan rajin berkicau dengan suara yang penuh variasi. Sedangkan cucak hijau mini yang hanya diberi pakan voer setiap harinya cenderung memiliki bulu yang kusam, mudah kering, malas-malasan dan kurang rajin berbunyi.

Namun tentu saja anggapan tersebut sangat bergantung pada karakter burung dan lama tidaknya perawatan yang diberikan. Meskipun begitu, burung yang sudah makan voer tentu mempunyai peluang hidup lebih panjang terutama jika pemiliknya selalu disibukkan dengan pekerjaannya dan tidak memiliki waktu yang cukup untuk merawat burung kesayangannya.

Melatih burung cucak hijau mini agar mau makan voer memang dibutuhkan trik tersendiri, apalagi burung ini dikenal sangat sulit untuk beralih dari pakan yang disukainya. Untuk itu tips dan trik melatih burung cucak hijau mini agar mau makan voer berikut ini sedikit banyak bisa membantu kicaumania yang sibuk dengan pekerjaannya tanpa perlu khawatir burung peliharaannya itu kehabisan makanan.

Untuk melatih burung cucak hijau mini makan voer bisa dimulai dengan memanfaatkan buah-buahan yang rutin diberikan, dalam hal ini buah pisang dan pepaya bisa kita gunakan untuk melatihnya. Caranya adalah sebagai berikut: 


  • Ambil buah pisang atau pepaya,setelah itu buang kulitnya dan potong kecil-kecil lalu masukkan ke dalam cepuk pakannya. 
  • Tambahkan voer halus secukupnya, lalu tambahkan dengan sedikit air bersih. 
  • Setelah itu diaduk sambil dipenyek-penyek hingga buah dan voer menyatu menjadi bubur.
  • Berikan pada burung setiap hari. 

Selama pelatihannya itu, setiap dua hari sekali takaran voer diperbanyak sedangkan untuk buahnya dikurangi, sehingga dalam waktu satu minggu burung sudah mengenali bau, warna dan aroma dari voernya itu sehingga mereka akan mulai terbiasa mengkonsumsinya.

Semoga bermanfaat



Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close