close
close


Melatih burung-madu / kolibri mau makan kroto yang diberikan

Burung-madu atau banyak kicaumania menyebutnya dengan nama kolibri adalah jenis burung pemakan nektar atau Nectariniidae. Di alam liar, spesies burung ini jarang sekali mau memakan kroto karena pertahanan yang luar biasa dari semut itu sendiri. Namun demikian, burung-madu adalah juga pemakan serangga terutama serangga terutama laba-laba kecil. Dalam perawatan hariannya, pemberian kroto sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan proteinnya. Berikut adalah tips melatih burung-madu/kolibri agar mau makan kroto. 

cara melatih kolibri makan kroto
cara melatih kolibri makan kroto


Memberikan kroto untuk burung-madu dibutuhkan untuk menjaga kondisi burung sepanjang hari, selain itu juga untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya yang selama ini kurang terpenuhi. Akan tetapi tidak semua burung-madu mau menyantap kroto sehingga kicaumania harus melatihnya terlebih dahulu. 

Ada beberapa cara melatih burung-madu agar mau memakan kroto yang diberikan. Semua cara tersebut tentu harus dilakukan dengan sangat rutin dan teratur karena proses ini sebenarnya akan membutuhkan waktu sampai burung benar-benar tertarik untuk mengonsumsinya. Berikut cara melatih burung-madu mau makan kroto: 

Metode pertama: Pancing dengan burung lain 

Memancing burung-madu agar mau memakan kroto bisa dilakukan dengan cara menempelkan sangkarnya dengan sangkar yang berisi burung pleci atau burung kecil lain yang suka makan kroto. 

Sediakan dua buah cepuk kroto, dan masukkan ke dalam masing-masing sangkar dengan posisi sejajar. Setelah itu, masukkan kroto ke dalam masing-masing cepuk. 

Pleci atau burung lain akan segera menyantap kroto yang disediakan, sedangkan burung-madu akan memperhatikan perilaku pleci tersebut dari jauh. Lakukan hal ini setiap hari, sampai burung-madu terpancing dan kemudian mau menyantap pakan krotonya tersebut. 

Alternatif lain adalah memasukkan burung pleci ke dalam sangkar burung-madu dan biarkan pleci mengajarinya memakan kroto. 

Metode Kedua: Memeras kroto 

Kroto ditempatkan dalam kain yang sangat tips, atau bisa juga menggunakan perban tipis. setelah itu, peras kroto tersebut sampai keluar cairannya. Tuangkan cairan tersebut ke dalam cepuk. Setelah itu, simpan cepuk yang berisi kroto di dalam sangkarnya. 

Setelah satu -dua hari kemudian, air perasan kroto yang diberikan cukup sedikit saja  namun kali ini dilengkapi dengan beberapa butir kroto di dalamnya. Lakukan setiap hari sampai terlihat burung mau menyantap kroto tersebut. Setelah itu, barulah anda bisa memberikan full kroto tanpa perlu diperas. 

Demikian tips agrobur.com tentang bagaimana melatih burung-madu / kolibri mau makan kroto.  


Semoga bermanfaat 


Katalog Produk Omkicau

Silakan ajukan pertanyaan maupun komentar seputar tulisan di atas