Jalak sutra / jalak kapas si burung migran

5/08/2017
Jalak sutra atau sering juga disebut dengan nama jalak kapas adalah jenis burung ocehan yang cukup dikenal kicaumania. Namun spesies burung yang bernama latin Sturnus sturninus ini sebenarnya bukan merupakan burung asli Indonesia melainkan burung migran yang penyebarannya terdapat di China dan Himalaya.  

jalak kapas



Kedatangan jalak sutra ke beberapa daerah di Indonesia biasanya dimulai pada bulan Oktober sampai dengan bulan Maret, yaitu ketika tibanya musim dingin/penghujan. Spesies jalak ini datang berkelompok dan bergerak menuju pulau-pulau yang hangat seperti Sumatera, Kalimantan, dan beberapa wilayah di pulau Jawa. 

Jalak sutra memiliki ciri khas ekor dan bagian punggung yang berwarna gelap.  Sedangkan kepala dan dadanya berwarna abu-abu, sayap hijau dan terdapat garis putih. Jantan dan betina memiliki kemiripan penampilan, namun jika diperhatikan akan ada perbedaan yaitu burung jantan yang memiliki bulu lebih hitam atau ungu mengkilap, sedangkan betina berbulu abu-abu di punggung yang tidak mengkilap.

Secara umum, perawatan burung jalak sutra tidak terlalu jauh berbeda dengan perawatan spesies burung dari keluarga jalak-jalakan lainnya. Pakan mereka bisa diberikan aneka macam makanan mulai dari buah-buahan hingga serangga seperti jangkrik, ulat dan kroto. Sedangkan untuk melatih burung makan voer sangat mudah, karena jalak termasuk jenis omnivora. 

Salam kicau

Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close