close
close


Perawatan cucak cungko si burung seribu suara

Cucak cungkok (Chloropsis hardwicki) mempunyai kemiripan penampilan dengan burung dari keluarga cica daun (Choropsidae) namun yang membedakan adalah bentuk topengnya yang melebar hingga dada dan warna biru yang juga lebih lebar. Selain itu, suara kicauannya pun dikenal lebih tajam dan sangat bervariasi sehingga kerap dijuluk sebagai burung seribu suara. Berikut perawatan cucak cungko si burung seribu suara.

Perawatan cucak cungko si burung seribu suara




Dalam bahasa Inggris, cucak cungkok dikenal dengan nama Orange bellied leafbird yang sesuai dengan bagian perut yang berwarna oranye. Walaupun pernah sangat popular di milenium awal, namun cucak cungko bukan termasuk jenis burung yang dapat ditemukan di Indonesia.  Penyebaran burung ini berada di Himalaya, Cina, Semenjanjung Melayu, dan Thailand. 

Baca lagi: Cucak mutiara kembaran cucak rawa yang kian terancam

Sebagaimana burung dari keluarga cica daun, jantan dan betina cucak cungko memiliki kemampuan berkicau yang tidak jauh berbeda. Bahka penampilannya pun bisa dibedakan dari warna bulu-bulunya. Cucak cungko jantan memiliki penampilan yang cerah dan lebih berwarna dibandingkan betina yang berwarna lebih polos. 


Gambar burung cucak cungko jantan (kiri) dan betina 


Perawatan cucak cungko 

Pola rawatan burung cucak cungko secara umum tidaklah terlalu jauh berbeda dengan perawatan yang biasa diterapkan pada burung cucak hijau maupun jenis cucak-cucakan lainnya. 

Burung cucak cungko bisa diberikan pakan berupa buah-buahan dan serangga seperti jangkrik, kroto, ulat, dan lain-lain. Selain memberikan pakan, penting juga untuk selalu teratur menjaga kebersihan sangkar yang digunakan serta rutin memandikannya setiap hari. 

Agar suaranya menjadi lebih bervariasi, masterlah burung cucak cungko dengan aneka suara burung yang anda inginkan. Cucak cungko mempunyai kemampuan menirukan suara burung lain dengan cepat, oleh karenanya anda bisa dengan rutin melakukan pemasteran dengan beragam jenis suara masteran.  


Demikian tips perawatan cucak cungko si burung seribu suara. 

Semoga manfaat dan salam kicau!

Katalog Produk Omkicau

Silakan ajukan pertanyaan maupun komentar seputar tulisan di atas