close
close


Tips merawat burung tledekan yang sedang mabung

Mabung adalah rangkaian proses pergantian bulu yang dihadapi oleh semua jenis burung, tak terkecuali tledekan. Proses mabung umumnya berlangsung selama 3-4 bulan atau tergantung perawatan yang diterapkan. Masa mabung adalah masa penting bagi burung, karena saat itu bulu-bulu lama yang rusak akan digantikan dengan bulu baru. Jika masa mabung berhasil dilewati dengan lancar, maka burung akan memasuki fase top form yang ditandai dengan burung semakin aktif dan semakin rajin berkicau /gacor. Berikut tips merawat burung tledekan yang sedang mabung. 

tledekan mabung


Selama mabung, burung akan mengeluarkan energi yang lebih banyak dari biaranya. Pada masa ini, metabolisme burung tledekan akan mengalami peningkatan hingga 40 persen dari kondisi normal. Karena itu pula kicaumania pasti sering melihat tledekan yang cenderung murung atau kurang aktif ketika sedang mengalami masa mabungnya. 

Untuk membantu burung melewati masa mabung dengan sempurna, maka kebutuhan nutrisinya harus lebih diperhatikan. Burung akan membutuhkan asupan nutrisi dengan porsi yang lebih besar dari kondisi normal. 

Berikut tips merawat burung tledekan yang sedang mabung: 
  • Tempatkan burung di tempat yang sepi, jauh dari lalu lintas manusia. Usahakan tidak bertemu atau mendengar suara burung sejenis, murai, dan kacer.
  • Lebih baik burung dalam kondisi full kerodong.
  • Tidak perlu dimandikan dulu, atau kalau ingin memandikan cukup 1 kali seminggu.
  • Tidak perlu dijemur. Jika ingin menjemur maksimal 30 menit, dan tetap digantang di tempat yang sepi / tenang.
  • Porsi pemberian extra fooding (EF) ditingkatkan, untuk pembentukan sel-sel baru dan pertumbuhan bulu baru. Misalnya jangkrik 5 ekor pagi dan 5 ekor sore, 1 sendok makan kroto segar setiap pagi, cacing 2 ekor 3x seminggu, dan ulat hongkong 3 ekor setiap pagi.
  • Voer bisa digantikan dengan voer ayam yang memiliki kadar protein tinggi. Jika tetap ingin menggunakan voer burung, pilihlah yang kadar proteinnya 12%-18%.
  • Berikan BirdVit dan BirdMineral untuk membantu menjaga kondisi burung. 
Jika proses mabung selesai, bagi yang menggunakan voer ayam pada saat ngurak, maka bisa kembali ke pakan lama, yaitu voer burung. EF juga bisa dikembalikan secara bertahap ke setelan harian. Program pemasteran juga bisa dilanjutkan kembali.

Semoga bermanfaat.
Katalog Produk Omkicau

Silakan ajukan pertanyaan maupun komentar seputar tulisan di atas