close
close


Tips perawatan lovebird jantan agar tampil maksimal di lapangan

Banyak kicaumania yang cenderung memilih burung lovebird yang berjenis betina lantaran dianggap mempunyai suara yang cenderung ngekek dan bisa tampil lebih stabil dibandingkan dengan lovebird jantan. Namun fenomena tersebut bukan berarti lovebird jantan tidak layak lomba karena tak sedikit juga lovebird jantan yang tampil memukau di arena lomba. Berikut tips perawatan lovebird jantan agar tampil maksimal di lapangan.

rawatan lomba lovebird jantan




Seperti halnya lovebird betina, burung jantan juga bisa bersifat fighter dan suara ngekeknya yang panjang. Namun yang menjadi permasalahan selama ini adalah bagaimana menjaga agar lovebird jantan tersebut memiliki birahi yang stabil sehingga bisa tampil maksimal, terlebih di lapangan burung tersebut akan berdampingan dengan banyak betina. 


Oleh karena itu, sebelum menyiapkan lovebird jantan untuk dibawa lomba. pastikan kalau burung tersebut sudah mempunyai umur yang cukup mapan. Karena dalam kondisi yang sudah mapan, burung cenderung mempunyai birahi yang lebih stabil sehingga akan memudahkan kita untuk menyetingnya. 

Bahkan, akan lebih baik jika lovebird jantan tersebut sebelumnya telah memiliki pasangan  atau pernah dikawinkan  karena biasanya burung dengan kriteria tersebut akan cenderung memiliki mental yang lebih baik. 

Perawatan lovebird jantan untuk lomba tidak jauh berbeda dengan perawatan lovebird betina pada umumnya. Selain memperhatikan kebutuhan dasarnya seperti pakan, mandi dan jemurnya, kicaumania juga dapat menerapkan pola rawatan khusus sewaktu akan dilombakan. 

Pola rawatan harian 

Pemberian mandi untuk lovebird yang berjenis jantan sebaiknya dilakukan rutin setiap pagi hari, adapun untuk pemberian mandi sore dan malam sebaiknya dilakukan sesuai karakter atau sesuai kebutuhan saja karena mandi sore dan malam hari cenderung akan membuat birahi burung menjadi tidak stabil. 

Namun begitu, jika kondisi burung dianggap sudah sangat fit dan cocok dengan karakter burung yang terbiasa mandi malam, maka biasanya kondisi yang mundul adalah kebalikannya. Lovebird akan bertambah rajin bunyi, lebih stabil dan bisa ngedur di lapangan. 

Untuk pakan hariannya, lovebird jantan tersebut sebaiknya hanya diberikan pakan biji-bijian yang berupa milet putih saja tanpa campuran pakan biji-bijian lainnya. Setiap beberapa hari sekali berikan tambahan biji kuaci sebanyak 3-5 butir saja untuk meningkatkan kondisinya. 

Pakan tambahan yang diberikan berupa sayur-sayuran seperti jagung, kangkung, bayam, dan lain sebagainya yang disesuaikan dengan karakter dan kebiasaan dari burung tersebut. 

Perawatan sebelum lomba 

Sebelum akan membawa burung ke arena lomba, ada baiknya kicaumania memperhatikan beberapa hal sebagai berikut: 


  • Memandikan burung pada pagi hari
  • Selalu mengerodong sangkarnya
  • Membawa ke lapangan beberapa jam sebelum digantang
  • Satu sesi sebelum mulai digantang, semprot tangkringan dan kakinya untuk membuat burung merasa nyaman
  • Pilih nomor pinggiran, lalu gantang. 


Salam


Katalog Produk Omkicau

Silakan ajukan pertanyaan maupun komentar seputar tulisan di atas