Penanganan burung lovebird yang tidak mau bunyi ketika dilombakan

6/09/2017
Sebelum melombakan burung kesayangan tentu kicaumania harus sudah yakin bahwa burung tersebut sudah berada dalam kondisi yang sudah siap untuk dilombakan.  Hal tersebut meliputi kondisi mental yang sangat baik, umur yang sudah mapan, dan rajin berbunyi. Namun bagaimana jika lovebird tersebut ternyata tidak mau tampil di lapangan? Untuk itu, berikut tips penanganan lovebird yang tidak mau bunyi ketika dilombakan

lovebird tidak bunyi di lapangan



Sebelum memastikan burung akan dibawa ke lapangan, ada baiknya anda memahami terlebih dahulu bagaimana karakter dari burung tersebut. Mengamati karakter bisa dilakukan dengan cara melakukan pengamatan, misalnya bagaimana pengaruhnya jika burung dimandikan / tidak dimandikan sebelum dibawa ke lapangan dan pemilihan pakan yang disukainya. Dengan begitu kita bisa memberinya latihan agar memiliki mental yang lebih baik. 

Secara umum, masalah yang kerap muncul pada burung yang akan dilombakan adalah kondisi birahinya yang tidak stabil. Ada beberapa hal yang bisa memengaruhi kondisi birahi dari lovebird misalnya makanan, perawatan yang berlebihan, serta keberadaan lovebird lain di dekatnya dan sebagainya.  

Masalah tersebut jika tidak segera ditangani tentu akan menyebabkan lovebird tidak dapat tampil dengan maksimal di lapangan. Beberapa contoh perilaku lovebird yang diakibatkan oleh over birahi adalah burung yang sering ngeruji dan selalu bersikap agresif. Untuk mengatasinya kicaumania biasanya akan mulai merutinkan pemberian mandinya dan mengurangi jemur, serta memberikan pakan yang sesuai misalnya milet putih dan daun-daunan hijau. 

Lovebird yang sudah siap berlomba adalah burung yang sudah disiapkan kondisi fisik, psikologi dan mentalnya. Biasanya pula kicaumania memiliki cara tersendiri dalam mengetahui apakah burung kesayangannya itu sudah siap dilombakan atau belum. Ciri-ciri yang paling umum adalah melihat bentuk ujung kedua sayapnya yang saling menyilang. Tanda tersebut diyakini menunjukkan lovebird sedang berada dalam kondisi yang prima, dan siap untuk dilombakan. 

Lovebird yang rajin bunyi di rumah pun belum tentu bunyi di lapangan karena hal tersebut sangat dipengaruhi oleh kestabilan birahi dan mental dari burung tersebut. Untuk mengetahui apakah burung sudah siap dilombakan cukup mudah, yaitu dengan melatihnya: 

  1. Burung ditrek/dicas sebelum digantang
  2. Digantung / disendirikan agar lebih tenang
  3. Diberikan full kerodong dan dibuka ketika akan digantang


Salam

Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait