Solusi atasi kebotakan pada burung kenari

6/06/2017
Jika dibandingkan dengan jenis burung kicauan lainnya, burung kenari adalah salah satu yang paling sering mengalami masalah kebotakan pada sebagian tubuhnya. Umumnya masalah kebotakan terjadi akibat infeksi kutu/tungau, tapi dalam banyak kasus hal tersebut disebabkan oleh burung yang kekurangan iodium. Berikut solusi atasi kebotakan pada burung kenari. 

Solusi ataasi kebotakan pada burung kenari

Cara paling mudah mengatasi masalah kebotakan yang disebabkan oleh kekurangan iodium adalah dengan menyediakan sumber mineral yang tepat. Hal tersebut sangat bisa dilakukan dengan memberikan suplemen mineral tambahan seperti BirdMineral secara rutin. 

Tapi bagaimana jika kebotakan pada burung kenari disebabkan oleh faktor selain kekurangan mineral. Beberapa tips berikut akan memberikan beragam solusi untuk atasi kebotakan pada burung kenari. 

Memberikan minyak kemiri 

Kemiri yang dipanaskan kemudian diambil sari / minyaknya mengandung vitamin A, B1, dan C serta zat besi, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor dan lemak. Bagi manusia, minyak kemiri sangat umum digunakan untuk menyuburkan rambut dan mengobati masalah kebotakan. 

Bagi kicaumania, minyak kemiri juga bisa menjadi salah satu solusi alternatif yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kebotakan yang biasa menyerang burung kenari. Cara pemberian minyak kemiri adalah dengan membakar/menyangrai beberapa butir kemiri, setelah itu ditumbuk / dihancurkan sampai keluar minyaknya. Nah, minyak kemiri itulah yang dioleskan pada bagian tubuh burung yang mengalami kebotakan. 

Memberikan gel lidah buaya 

Lidah buaya atau aloevera mengandung zat aktif yang sangat bermanfaat, seperti asam amino, enzim, mineral, gula, sterol, antrakuinon, asal salisilat, dan vitamin. Zat aktif tersebut dapat membunuh semua jenis bakteri, dan membantu pertumbuhan bulu kenari. Oleskan bagian gel dari lidah buaya pada bagian tubuh kenari yang botak setiap hari. 

Memberikan bawang putih 

Bawang putih memilliki kandungan yang bisa membunuh bakteri. Selain itu, bawang putih juga dipercaya bisa membantu mengatasi burung kenari yang botak pada sebagian tubuhnya. Cara menggunakannya adalah mengoleska nirisan bawang putih pada area yang terdampak. 

Semoga manfaat dan salam kicau!


Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait