Cara alami hilangkan kutu pada burung kicauan

7/24/2017
Penyakit yang disebabkan oleh kutu merupakan salah satu permasalahan paling umum yang kerap dihadapi para kicaumania terhadap burung piaraannya. Infeksi kutu selain menjadikan bulu burung mudah rusak, juga akan membuat mereka menjadi malas berkicau. Untuk mengatasinya, berikut beberapa solusi alami hilangkan kutu pada burung ocehan. 


Cara alami hilangkan kutu pada burung kicauan



Kutu adalah sejenis parasit yang menginfeksi tubuh mahluk hidup lainnya untuk mendapatkan makanan dan berkembang biak. Dalam satu hari, seekor kutu bisa memproduksi puluhan telur yang akan menetas dalam waktu kurang dari seminggu. Bayangkan jika masalah kutu ini tidak segera diatasi tentu akan memberikan dampak yang sangat buruk kepada burung yang terinfeksi. 

Beberapa dampak buruk jika burung kicauan terinfeksi kutu antara lain: 

  • Bulu yang akan cenderung mudah rusak dan kusam, dalam beberapa kasus, burung akan berperilaku mencabuti bulunya sendiri. 
  • Burung menjadi mudah stres yang berujung pada macet berbunyi.
  • Bisa memunculkan gejala penyakit lainnya akibat burung yang kehilangan nafsu makan. 

Mengatasi masalah kutu yang menginfeksi tubuh dan bulu dari burung piaraan tentu tidak dapat dilakukan cukup sekali saja tetapi harus dilakukan secara rutin dan teratur setiap harinya. Selain itu juga harus disertai dengan pola rawatan lainnya. 

Berikut solusi alami mencegah dan mengatasi kutu pada burung ocehan: 

1. Memandikan burung dengan air bekas cucian beras 

Air bekas mencuci beras dipercaya bisa membantu menghilangkan kutu yang menyerang burung piaraan. Namun manfaat air beras hanyalah bersifat sementara saja dan hanya sebagai pelicin untuk mengurangi cengkeraman kutu sehingga akan terbawa baik ketika dimandikan maupun ada waktu burung merapikan bulu-bulunya/didis. 

2. Memandikan burung dengan air rebusan daun sirih 

Air rebusan daun sirih juga dipercaya dapat mencegah da mengatasi masalah kutu yang membandel. Cara pembuatannnya adalah dengan merebus air putih ditambah beberapa lembar daun sirih sampai berubah warnanya. 

Setelah berubah warnanya, air rebusan daun sirih kemudian disaring menggunakan saringan kemudian ditunggu hingga dingin. Setelah dingin, air rebusan daun sirih kemudian dimasukkan ke dalam semprotan / sprayer yang biasa dibuat mandi burung. 

3. Memanfaatkan daun lidah buaya 

Daun lidah buaya ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah kutu burung. Gel yang terdapat di dalam daun lidah buaya ini juga bisa membantu mengurangi rasa gatal penyebab burung mencabuti bulunya sendiri. 

Cara membuatnya adalah mengambil beberapa bagian daging dari daun lidah buaya lalu digiling menggunakan blender sampai menjadi cairan, setelah itu dicampurkan dengan sedikit air lalu diaduk dan kemudian disaring. Hasil saringan itulah yang kemudian digunakan sebagai mandi burung. 

4. Menggunakan Fresh Aves 

Solusi alternatif lain yang dianggap lebih efektif adalah menggunakan desinfektan khusus salah satunya adalah FreshAves. Dengan menggunakan FreshAves secara rutin, burung akan terbebas dari kutu dan parasit lainnya. Selain itu, penyemprotan berkala pada sangkarnya bisa mencegah kedatangan kutu dan parasit pengganggu. 

FreshAves bisa diperoleh di agen-agen omkicau yang dekat di kota kamu. 

Pola rawaan lain yang sangat penting terkait pembasmian kutu burung ini adalah selalu menjaga kebersihan dari sangkar maupun perlengkapannya. 

Salam kicau!


Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait