Cara merawat kolibri agar tidak mati

7/06/2017
Kolibri yang sebenarnya adalah burung-madu termasuk jenis burung yang hidup dengan memakan nektar dan juga serangga-serangga kecil. Kebutuhan akan nektar tersebut diperlukan terutama untuk menggantikan energi mereka setelah beraktivitas. Kesalahan fatal para kicaumania adalah mengabaikan kebutuhannya itu sehingga tak sedikit dari burung ini yang mati sia-sia hanya lantaran tidak mendapatkan perawatan sebagaimana mestinya. 

Cara merawat kolibri agar tidak mati dan menjadikannya rajin berbunyi sebenarnya cukup mudah, yang dibutuhkan hanya kemauan dari sang pemilik untuk terus berusaha membuat burung kecil piaraannya itu selalu aktif. Caranya adalah dengan memberikan pakan yang tepat dan juga menerapkan pola rawatan lain yang dibututuhkan mulai dari penempatan sangkar, memandikan, menjemur dan melatihnya. 


Banyak kolibri mania memberikan pakan harian berupa air gula disertai dengan pakan tambahan berupa ulat hongkong kecil yang berwarna putih dan kroto. Pemberian pakan tersebut bisa dianggap sudah cukup dengan syarat rutin diberikan setiap hari dengan jumlah/takaran yang disesuaikan kebutuhan. 

Walaupun diberikan air gula sebagai pengganti nektar yang biasa dikonsumsi burung di alam liar, pemberian air putih yang bersih dan segar juga dibutuhkan untuk air minum mereka. Jika diperlukan, sebelum diberikan pada burung air minumnya itu ditetesi dahulu dengan multivitamin, misalnya BirdVit

Penempatan sangkar pun harus diperhatikan. Burung-madu adalah jenis burung yang dikenal tidak tahan panas atau tidak mampu bertahan dalam suhu panas untuk jangka waktu yang sangat lama. Bahkan sebagian besar aktivitas mereka di alam dilakukan di tempat yang teduh atau sejuk. 

Sebagaimana burung pleci pada umumnya, burung-madu pun terkadang sangat menggemari aktivitas mandi. Memandikan burung ini bisa dilakukan dengan cara semprot atau menggunakan bak mandi kecil yang dimasukkan ke dalam sangkar hariannya. Sedangkan untuk penjemuran cukup dilakukan seperlunya saja atau tidak lebih dari 30 menit, setelah itu berikan burung dengan pakan berupa kroto untuk menjadikannya rajin berbunyi. 

Melatih kolibri bisa dilakukan setiap satu minggu sekali baik dengan cara dipertemukan dengan burung sejenis baik dalam even latberan maupun sekedar kumpul bersama terman yang kebetulan memelihara jenis burung yang sama. Di luar pelatihan tersebut pemasteran bisa dilakukan untuk menambah variasi kicauan ataupun untuk memancingnya berbunyi. 

Hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam perawatan burung kolibri adalah menjaga ketesediaan pakan yang dibutuhkannya, dalam hal ini air gula / nektar buatan dan juga pakan tambahannya yang lain. Dengan demikian burung tersebut bisa bertahan hidup lebih lama. 

Demikian tips dan cara merawat kolibri agar tidak mati. 

Salam kicau!
Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus