Ini Dia Manfaat Kencur untuk Burung Perkutut

7/28/2017
Memelihara burung perkutut sudah menjadi tradisi dan kebiasaan sebagian besar penduduk Indonesia. Selain dipiara sebagai kelangenan, perkutut juga dianggap memiliki aura mistis tersendiri bagi yang percaya. Memelihara perkutut agar selalu aktif dan rajin manggung dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah memberikan kencur pada perkutut. Bagaimana caranya? Simak ulasannya dalam manfaat kencur untuk burung perkutut berikut ini.

manfaat kencur untuk perkutut




Ada banyak ragam jenis tanaman herbal yang bisa diberikan pada burung perkutut. Selain untuk menjaga kondisinya, jenis-jenis herbal tersebut diyakini dapat membuat burung perkutut semakin rajin berbunyi. Berikut Manfaat kencur untuk perkutut.  

Manfaat Kencur untuk Perkutut 

Kencur dipercaya memiliki sejumlah khasiat dan manfaat yang baik untuk burung perkutut. Beberapa manfaat kencur untuk perkutut antara lain: 
  • Menjaga kondisi kesehatan burung perkutut
  • Membuang lendir penyebab suara kecil / serak
  • Mengatasi masalah tenggorokan
  • Membantu menguatkan nafas perkutut
  • Mengencangkan pita suara 

Biasanya kencur diberikan pada burung perkutut dengan cara dilolohkan langsung pada paruh/mulut burung. Sebelum diberikan, kencur dikupas kulitnya lalu dipotong-potong kecil seukuran kacang hijau atau voer, lalu diberikan pada burung sebanyak 2-3 potong setiap beberapa hari sekali.

Kencur diberikan dengan dijadikan air minum yaitu dengan cara mengupas kulit kencur lalu diparut dan hasil parutannya itu kemudian dicampur dengan air bersih, setelah itu direbus. Hasil rebusan itu kemudian didinginkan lalu disaring dan diberikan sebagi pengganti air minum burung perkutut. 

Semoga manfaat



Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait