Memilih dan merawat burung kacer bakalan

7/22/2017
Sejak lama kacer selalu menarik perhatian kicaumania karena suaranya yang lantang dan penuh variasi. Bahkan tak sedikit juga yang tertarik memelihara burung ini sejak masih bakalan. Selain harganya yang terjangkau, perawatan burung bakalan dianggap memiliki tantangan tersendiri. Sebagai panduan berikut adalah tips memilih dan merawat burung kacer bakalan


Memilih dan merawat burung kacer bakalan


Memilih kacer bakalan memerlukan perhatian yang sangat khusus, terutama agar kicaumania tidak mendapatkan burung yang selalu berperilaku buruk selama dirawat. Untuk itu, tips memilih dan merawat kacer bakalan berikut ini semoga dapat membantu anda dalam perawatan kacer bakalan tersebut. 

Memilih kacer bakalan 

Syarat utama sewaktu memilih burung kacer bakalan di pasar atau toko burung adalah memperhatikan beberapa kondisi sebagai berikut: 

Berkelamin jantan. Kacer jantan memiliki suara kicauan yang lebih bervariasi daripada kacer betina. Membedakan jantan dan betina burung kacer dapat dilakukan dengan mudah karena bisa dilihat dari penampilan dan warna bulunya. Kacer jantan memilik bulu berwarna hitam mengilap, sedangkan betina berwarna cenderung abu-abu. 

Mau makan voer. Hal ini juga harus diperhatikan jika ingin memelihara kacer bakalan yang mampu bertahan hidup lebih lama. Burung yang sudah makan voer tentu akan membuat perawatan hariannya menjadi lebih mudah, selain itu kicaumania juga tidak perlu khawatir terjadi apa-apa pada momongannya tersebut ketika kehabisan stok pakan khususnya jangkrik, ulat hongkong maupun kroto. 

Sehat dan lincah. Pilih burung kacer bakalan yang berada dalam kondisi sehat. Burung yang sehat dapat diamati dari perilakunya yang lincah, mata melotot tajam dan tidak berair, sayap yang selalu mengapit rapat, sering memainkan ekor, agresif atau galak terhadap burung lain atau sejenis, tidak cacat, nafsu makan besar, dan memiliki bulu yang lebih cerah / tidak kusam. 

Tidak memiliki penyakit. Pastikan kacer yang akan anda pilih tidak membawa penyakit seperti tetelo, banyak kutu, mata katarak, lubang hidung yang selalu keluar cairan, bengkak dan berair, dan kaki pincang. Dalam kondisi tersebut kacer akan memiliki tingkat stres yang sangat tinggi sehingga seringkali sulit untuk dirawat. 

Tidak salto. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa kacer bakalan yang akan dibeli itu tidak menunjukkan perilaku yang kurang baik misalnya gemar salto. Meski dianggap tidak begitu mengganggu namun salto bisa menjadi sesuatu yang menjengkelkan jika dilakukan burung setiap waktu. 

Perawatan kacer bakalan 

Perawatan kacer bakalan harus selalu memperhatikan kebutuhan pakan hariannya. Burung kacer tersebut harus mendapatkan asupan pakan tambahan yang lebih banyak untuk membuatnya lebih aktif, sehat dan rajin berbunyi. 

Setelah membeli kacer bakalan, sebaiknya hindari dahulu memandikan burung selama beberapa hari sampai burung kacer tersebut benar-benar telah beradaptasi dengan sangkar dan lingkungan barunya. 

Selama beberapa hari di tempat barunya, gantungkan dahulu sangkarnya di tempat yang sepi setelah itu baru dipindahkan ke tempat yang lebih ramai untuk melatihnya jinak dan mau beradaptasi dengan manusia maupun keberadan burung piaraan lainnya. 

Yang terpenting adalah selalu rutin memberikan tambahan multivitamin terutama untuk menjadikannya lebih cepat jinak, sehat, dan selalu rajin berbunyi. Multivitamin yang sangat direkomendasikan adalah BirdVit karena mengandung banyak vitamin penting yang dibutuhkan burung. 

Jika burung kacer bakalan belum biasa makan voer, anda bisa melatihnya agar mau makan voer dengan cara-cara seperti yang diulas dalam artikel sebelumnya di sini: 


Selain itu, lakukan pemasteran dengan burung-burung kecil dahulu, nanti kalau burung sudah pandai menirukan suara masterannya itu baru dimaster dengan burung berukuran besar atau bahkan suara kacer lainnya yang gacor.  

Demikian tips memilih dan merawat burung kacer bakalan untuk pemula. 

Semoga manfaat
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close