Mesia telinga-perak, si burung lima warna

7/15/2017
Bertubuh mungil dengan corak bulu penuh warna itulah mesia telinga-perak atau Silver-eared mesia (Leiothrix argenauris) burung pengicau yang umum ditemukan di wilayah Sumatera. Bagi kicaumania, spesies ini lebih dikenal dengan sebutan burung pancawarna. 



Mesia telinga-perak atau pancawarna memiliki ukuran tubuh sepanjang 18 cm. Di era 1990-an, jenis burung ini kerap dijual bersama-sama dengan burung robin sehingga disebut juga dengan nama robin pancawarna. Dahulu harga pasaran yang sudah gacor paling mahal Rp 50,000,- tapi sekarang harga bakalan saja bisa mencapai lebih dari 300.000 rupiah. 

Mesia telinga-perak terdiri dari 7 sub-spesies dengan daerah penyebaran mulai dari India, Myanmar, Laos, China, Thailand, dan semenanjung Malaysia. Penyebaran lokal hanya terdapat di wilayah Sumatera. 

Secara umum, burung yang tersebar di Sumatera memiliki perbedaan fisik dengan yang ditemukan di daratan Asia. Di daratan Asia, mesia telinga perak memiliki corak hijau zaitun pada bagian tubuh, hitam pada kepala dan perak pada pipi, serta kuning kehijauan berpadu jingga pada bagian leher, dahi serta tunggir serta merah pada pangkal sayap. Sementara jenis yang sama di Sumatera memiliki leher, sayap, dahi serta tunggir merah.

Karena adanya perbedaan fisik tersebut, mesia telinga-perak yang terdapa di Sumatera dipisahkan ke dalam anak jenis tersendiri. Anak jenis yang ditemukan di Sumatera bagian barat laut termasuk Aceh yaitu L. argentauris rookmakeri, sedangkan anak jenis yang terdapat di Sumatera bagian barat yaitu L. argentauris laurinae

Mesia telinga-perak atau burung pancawarna merupakan burung penetap yang umum dijumpai secara lokal di Pegunungan Bukit Barisan ke selatan di kisaran ketinggian 600-2200 mdpl. Meskipun belum dikategorkan sebagai spesies terancam punah, namun keberadaannya di alam kerap menjadi target perburuan dan perdagangan. 

Salam kicau. 

Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close