Tahapan Pemasteran pada Burung Cendet

7/19/2017
Waktu yang dianggap paling tepat melakukan pemasteran pada burung cendet adalah ketika sedang mabung atau turun bulu, akan tetapi dalam kondisi yang normal pun sebenarnya cendet tersebut dapat dimaster sesuai keinginan tergantung kecerdasan dan cara pemasteran tersebut dilakukan. 

cara memaster cendet

Banyak kicaumania menganggap waktu yang paling tepat memaster burung cendet adalah ketika burung tersebut sedang mabung atau turun bulu, namun sebenarnya dalam kondisi normal pun cendet dapat dimaster tergantung kecerdasan dan bagaimana proses pemasteran tersebut dilakukan. Tips berikut akan mengajak anda mengenali tahap-tahap pemasteran pada burung cendet. 

Tahap pemasteran pada burung cendet 

  • Secara umum, pemasteran adalah melatih burung piaraaan agar mau menirukan suara masteran yang diperdengarkan kepadanya. Suara tersebut bisa berasal dari burung-burung masteran maupun rekaman suara burung dari perangkat audio mp3.  
  • Tahap pemasteran pada burung cendet sebaiknya dilakukan pada waktu burung sedang tidak aktif atau dilakukan pada jam-jam ketika burung lebih banyak istirahat misalnya pada waktu burung sedang dijemur, siang hingga sore harinya, dan pada malam hari. 
  • Untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif, burung yang akan dimaster sebaiknya berada di tempat yang tenang dan jauh dari keberadaan burung kicauan jenis lainnya yang bisa mengganggu proses pemasterannya tersebut. Agar lebih fokus pada suara masterannya sangkar burung cendet bisa diberikan full kerodong. 

Teknik pemasteran burung cendet 

  • Pemasteran bisa dilakukan dalam ruangan atau di beranda / teras rumah dengan syarat jauh dari suara-suara lain yang bisa mengganggu proses masterannya. Suara lain tersebut misalnya suara burung atau hewan lain yang cukup keras, suara mesin, suara manusia atau juga suara kendaraan. 
  • Sangkar burung cendet dikerodong lalu digantungkan tidak jauh dari sangkar lain yang berisi burung masterannya. Dalam hal ini pemilihan burung masteran sebaiknya dipilih yang sudah dalam kondisi rajin bunyi atau gacor. 1 - 2 ekor burung masteran yang berlainan jenis dapat digantung di dekat sangkarnya. 
  • Jika ingin menggunakan perangkat audio masteran dapat dilakukan dengan menyimpan speaker atau smartphone / handphone di dekat sangkarnya. Putarkan suara masterannya dengan ukuran volume suara sedang. Sebanyak 2 - 3 audio masteran yang berlainan jenis bisa diputarkan dengan jeda waktu yang disesuaikan. 

Tahap pemasteran akan lebih efektif ketika burung cendet tersebut masih berumur trotolan atau masih remaja, namun bisa juga cendet yang sudah berumur dewasa pun dapat diberikan pemasteran jika dianggap memiliki kecerdasan. 

Video masteran cendet yang unik ini dapat diputarkan sebagai masteran untuk burung cendet kesayangan anda: 




Salam Kicau!
Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close