Tips melatih lovebird agar berdurasi maksimal

7/10/2017
Banyak kicaumania yang lebih senang memelihara burung lovebird karena suara ngekeknya ketimbang suara isian. Selain bisa digunakan sebagai masteran, lovebird bersuara ngekek lebih umum dilombakan. Namun demikian, tidak semua lovebird memiliki suara ngekek panjang sehingga perlu dilatih agar durasinya menjadi maksimal. Berikut tips melatih lovebird agar berdurasi maksimal

Tips melatih lovebird agar berdurasi maksimal



Melatih burung lovebird agar memiliki suara ngekek dengan durasi yang maksimal dapat dilakukan dengan beragam cara. Selain memberikan pakan yang tepat, lovebird tersebut harus mendapatkan pola rawatan secara khusus. Berikut beberapa tips agar lovebird berdurasi maksimal. 

1. Pengembunan 
Rutin melakukan pengembunan di pagi hari dapat membantu burung menjaga kondisinya. Selain itu, hal tersebut juga dipercaya dapat membuat burung semakin rajin berbunyi. 

2. Penjemuran 
Setelah matahari terbit, lovebird tersebut dijemur selama kurang lebih 1-2 jam. Selama dijemur cepuk pakan dan minumnya sebaiknya diangkat / tidak digunakan. Setelah penjemuran selesai dilakukan sangkarnya kemudian digantungkan di tempat teduh untuk diangin-anginkan. Pada saat itu, cepuk pakan dan minum kembali dimasukkan. 

3.Pemasteran 
Sewaktu burung diangin-anginkan di tempat teduh, anda bisa melatihnya dengan suara masteran. Untuk suara masterannya anda bisa mencari suara yang mengalun panjang. Proses pemasteran tersebut bisa dilakukan dengan kondisi burung dikerodong. 

Demikian tips merawat burung lovebirda agar berdurasi panjang. 

Salam kicau


Produk khusus penangkaran omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus

close