Lima cara merawat jalak suren agar rajin bunyi

8/26/2017
Jalak suren kini menjadi jenis burung yang paling digemari para penggemar burung kicauan. Di pasaran keberadaan burung yang pandai mengoceh ini memang mudah sekali didapatkan dengan harga yang cukup terjangkau. Sebagai panduan bagi kicaumania berikut adalah lima cara merawat jalak suren agar rajin bunyi

cara merawat jalak suren agar rajin bunyi




Jalak suren merupakan jenis burung yang berasal dari keluarga jalak-jalakan atau sturnidae. Burung ini terdiri dari berbagai jenis yang tersebar di kawasan tropis Asia. Di Indonesia, penyebaran burung jalak suren terdapat di Pulau Sumatera, Jawa dan Bali.  

Jenis burung ini memiliki suara kicauan yang sangat lantang dan penuh variasi. Bahkan jalak suren juga jika dilatih bisa menjadi sangat jinak dan juga mampu meniru ocehan-ocehan manusia. 


Berikut lima cara merawat jalak suren agar rajin bunyi:


1. Interaksi 

Rajin berinteraksi dapat membuat jalak suren jadi burung yang lebih cerewet. Sering-seringlah mengajak burung bicara ketika memberi makanan atau menggodanya dengan tangan sewaktu akan memberi pakan tambahannya. 

Jika sudah kebiasaan maka jalak suren tersebut akan cenderung mudah bunyi ketika melihat ada orang yang mendatanginya. Itu pula sebabnya mengapa jalak suren mendapat julukan sebagai burung penjaga rumah :) 

2. Memberi pakan yang bervariasi 

Jalak suren adalah burung yang suka makan serangga dan juga buah-buahan. Oleh karena itu, agar burung tersebut selalu aktif dan rajin bunyi maka berikanlah pakan yang bervariasi setiap harinya. 

Pakan buah-buahan seperti pepaya, semangka, apel, pisang kepok atau bahkan buah naga bisa ditawarkan sebagai pakan pendamping voer yang ditaruh di dalam sangkar hariannya. Selain itu, berikan juga pakan serangga yang sangat disukainya seperti cacing tanah, ulat hongkong dan jangkrik. 

3. Mandi 

Bagi burung jalak, mandi merupakan sesuatu hal yang tidak bisa diabaikan. Selain memberi kesegaran, mandi juga bisa memberi tambahan energi dan menjaga kebersihan bulu-bulu mereka. Mandikan burung setiap pagi hari, setelah itu berikan pakan serangga kesukaannya. Setelah dijemur, mereka biasanya akan menjadi lebih cerewet dari biasaya. 

4. Menjaga kebersihan sangkar 

Kebersihan sangkar harus selalu dijaga dan diperhatikan. Sangkar yang bersih tentu membuat burung yang menghuninya akan selalu berada dalam kondisi sehat, aktif dan tidak mudah terserang penyakit. 

Sangkar yang kotor dan cenderung jarang dibersihkan tentu akan menjadi sarang penyakit termasuk bakteri dan parasit seperti kutu atau tungau. Kalau burung jalak suren sudah terinfeksi parasit tersebut, maka kondisi bulunya akan menjadi kusam dan mudah rusak. Selain itu, burung pun akan cenderung ogah-ogahan untuk berbunyi. 

5. Pemasteran 

Pemasteran adalah cara yang dilakukan kicaumania agar burung jalak suren yang mereka pelihara bisa memiliki suara kicauan yang lebih bervariasi. Biasanya pula, kalau sudah punya suara-suara isian yang banyak, burung jalak suren tersebut akan menjadi lebih rajin bunyi. 

Itulah lima cara agar burung jalak suren lebih rajin bunyi. 

Semoga manfaat
Katalog Produk Omkicau

Artikel Terkait