Kipasan ekor-merah, burung endemik yang dilindungi

8/18/2017
Kipasan ekor-merah merupakan salah satu jenis burung yang hanya bisa dijumpai atau endemik pulau Jawa. Spesies burung ini berasal dari kelompok Rhipiduridae dalam genus Ripidura. Burung yang kerap mengembangkan ekornya seperti kipas ini termasuk salah satu jenis burung Indonesia yang dilindungi. 

Kipasan ekor-merah, burung endemik yang dilindungi




Kipasan ekor-merah memiliki nama latin Rhipidura phoenicura (S.Miller, 1843), dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Rufous-taild fantail. Walaupun kurang tepat dalam penyebutannya, namun masih banyak kicaumania yang menyebutnya dengan nama burung srikatan atau sikatan. 

Ukuran tubuh kipasan ekor-merah berukuran sedang dengan panjang mencapai 17 cm. Ciri khasnya adalah ekor yang berwarna merah jingga kecoklatan yang akan mengembang seperti kipas. Dari penampilannya tersebut, burung ini dinamai kipasan ekor-merah. 

Kepala dan tubuh bagian atas berwarna abu-abu, tenggorokan, dagu dan alis berwarna putih sedangkan dada berwarna abu-abua yang memudara kecoklatan pada bagian perut dan tunggingnya. Bulu sayap coklat tua, tunggir dan ekor khas jingga kecoklatan. Iris coklat, paruh dan kaki hitam. 

Di habitatnya yang terbatas di hutan-hutan primer di daerah pegunungan yang ada di pulau Jawa, kipasan ekor-merah sering terlihat sendirian atau berpasangan. Mencari makan berupa serangga dan laba-laba. Pada musim kawin, betina akan bertelur sebanyak dua butir telur berwarna kuning tua berbintik abu-abu.

kipasan ekor merah
Kipasan ekor merah


Secara umum, jumlah populasi burung endemik ini belum diketahui secara pasti. Tingkat keterancaman yang ada berasal dari alih fungsi lahan dan hutan menjadi kawasan pemukiman dan pertanian. Namun karena dianggap belum terancam secara global, kipasan ekor-merah terdaftar dalam daftar merah IUCN dengan status Berisio Rendah atau Least Concern (LC). 

Pemerintah Indonesia melalui peraturan pemerintan menerbitkan PP.No 7 Tahun 1999 dan UU No.5 Tahun 1990 mengenai perlindungan terhadap kelangsungan hidup dari burung kipasan ekor-merah ini, jadi jika anda berniat memeliharanya sebaiknya pertimbangkan matang-matang karena sebenarnya burung ini termasuk jenis yang dilindungi seperti tercantum dalam daftar burung dilindungi berikut ini: 



Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus