Perawatan poksay mandarin agar rajin bunyi

9/01/2017
Poksay mandarin memiliki suara kicauan yang sepintas mirip poksay hongkong namun dengan irama yang kurang bervariasi. Namun begitu, jenis burung ini cukup diminati sebagai kelangenan atau bunyi-bunyian di rumah. Bagaimana cara agar burung ini selalu rajin bunyi? Berikut adalah perawatan poksay mandarin agar rajin bunyi. 

Perawatan poksay mandarin agar rajin bunyi

Ada dua jenis poksay mandarin yang perlu diketahui kicaumania yaitu poksay mandarin asal Sumatra dan Kalimantan. Kedua jenisnya tersebut bisa dibedakan dari penampilan dan warna yang terdapat di kulit yang melingkari matanya. Adapun yang paling banyak beredar di pasaran adalah yang berasal dari Sumatera.


Poksay sebenarnya termasuk jenis burung yang mudah bunyi, namun tak jarang karena tidak terpenuhinya kebutuhan nutrisi menjadikan burung tersebut jadi jarang terdengar mau berkicau. 

Berikut tips perawatan agar poksay mandarin semakin rajin berbunyi. 

Mandi dan jemur. Perawatan poksay mandarin tidak bisa dilepaskan dari pemberian mandi dan jemurnya. Mandikan burung setiap pagi hari dan setelah itu burung dijemur seperlunya saja karena burung ini termasuk jenis yang tidak kuat panas.

Berikan pakan dengan memperhatikan kandungan nutrisinya, termasuk pemberian voer dan pakan tambahannya. Voer yang diberikan memiliki kandungan gizi yang lengkap, selain itu berikan pakan tambahannya yang lain seperti buah-buahan yang bervariasi dan tambahan serangganya. 

Berikan serangga sebagai pakan tambahannya berikut ini:

  • Jangkrik sebanyak 3-5 ekor 
  • Kroto satu cepuk diberikan setiap beberapa hari sekali
  • Ulat hongkong 2-3 ekor 


Menjaga kebersihan air minum dan sangkarnya setiap hari.

Jika semua rawatan tersebut rutin dilakukan setiap hari, maka poksay mandarin yang anda piara akan menjadi lebih rajin berbunyi. 

Semoga manfaat
Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Komentar spam akan langsung kami hapus