Tips menyiapkan burung cucak jenggot agar siap lomba

10/30/2017
Ada banyak penyebab mengapa burung tidak dapat tampil maksimal ketika berlomba. Secara umum, hal itu biasanya disebabkan oleh burung yang belum siap lomba. Berikut tips menyiapkan burung cucak jenggot agar siap lomba.

Tips menyiapkan burung cucak jenggot agar siap lomba



Dalam perawatan burung sebelum lomba, satu hal penting yang harus selalu diperhatikan adalah tidak membuat burung terlalu aktif setiap harinya, apalagi selalu dipancing untuk berbunyi baik dengan menggunakan suara mp3 maupun ditempel burung sejenis. 

Biarkan burung hanya beraktivitas rutin pada pagi hingga siang harinya, setelah itu berikan kerodong untuk menjaga kondisi dan memberikan waktu burung untuk beristirahat. Dengan cara tersebut, kicaumania bisa menjaga birahinya tetap stabil sehingga bisa tampil lebih maksimal sewaktu dilombakan. 

Sebagai panduan, berikut adalah tips menyiapkan cucak jenggot agar siap lomba: 

  • Beberapa hari sebelum dilombakan, burung tersebut sebaiknya dijauhkan dari keberadaan cucak jenggot lainnya (jika ada), hal ini untuk mencegah mereka terlalu aktif dan selalu birahi jika melihat atau mendengar burung sejenis di dekatnya.
  • Mengurangi pakan tambahannya (EF) yang dimulai sejak H-7 hingga H-2, hal tersebut meliputi pemberian jangkrik dan ulat hongkongnya.
  • Buah-buahan tetap diberikan setiap harinya, begitu juga dengan mandi dan jemurnya.
  • Satu hari sebelum dilombakan atau H-1, burung diberikan pakan tambahan yang lebih banyak dari biasanya, misalnya jangkik dan ulat hongkong diberikan sebanyak 3 ekor pada pagi dan sore harinya.
  • Untuk menjaga kondisinya, burung bisa diberikan full kerodong
  • Menjelang dilombakan, berikan pakan tambahan (EF) dalam jumlah yang lebih banyak dari sebelumnya, misalnya jangkrik dan ulat hongkong menjadi 5 ekor.
  • Berikan buah pisang atau apel merah yang sudah diolesi dengan madu.
  • Sesampainya di lapangan, sebaiknya kerodong jangan dulu dibuka, tetapi biarkan mereka istirahat dulu sebentar sampai mau berbunyi, nantinya setelah burung mau berbunyi kerodong bisa dibuka lalu diangin-anginkan sebentar untuk memberi kesempatan mereka beradaptasi dengan suasana keramaian dan lingkungan sekitarnya.
  • Setelah beberapa lama, burung kembali dikerodong dan menjelang digantang pakan buah-buahannya bisa dicabut agar mereka lebih fokus pada pertandingannya, terutama untuk cucak jenggot yang baru pertama kalinya dilombakan.


Demikian tips menyiapkan burung cucak jenggot agar siap lomba.

Salam 

Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

loading...