Cara merawat poksay mandarin agar rajin bunyi

11/12/2017
Poksay genting atau lebih kondang dengan nama poksay mandarin adalah jenis burung poksay yang mempunyai persebaran di dalam negeri. Meski berbeda jenis dengan poksay hongkong yang pada tahun 90an pernah sangat begitu popular, namun poksay mandarin juga mempunyai suara kicauan yang  mengalun dan merdu jika dibandingkan dengan beberapa jenis poksay lokal lainnya. Berikut perawatan poksay mandarin agar rajin berbunyi. 


Cara merawat poksay mandarin

Ada dua jenis burung poksay mandarin / genting yang tersebar di Indonesia yaitu poksay genting sumatera dan poksay kalimantan. Perbedaan keduanya tampak jelas terlihat pada warna yang terdapat pada lingkaran matanya. 

Gambar perbedaan poksay genting asal Sumatera dan Kalimantan 



Beda Poksay mandarin sumatera (kiri) dan kalimantan


Merawat poksay genting membutuhkan perhatian khususnya dalam pemberian pakan tambahannya. Burung ini membutuhkan dua jenis pakan untuk mendukung aktivitasnya sehari-hari yaitu buah-buahan dan serangga. 

Buah-buahan yang diberikan umumnya adalah buah pisang, tapi anda juga bisa memberikan buah-buahan tersebut dengan cara yang lebih bervariasi seperti buah pisang, pepaya, semangka, apel dan buah naga. 

Selain buah-buahan tersebut, poksay mandarin sangat menyukai berbagai jenis serangga termasuk kecoak dan hewan tidak bertulang belakang seperti cacing tanah, siput, dan sebagainya. Tapi dalam perawatan hariannya, poksay mandarin tersebut cukup lah diberikan serangga yang umum seperti jangkrik, belalang, ulat hongkong, dan kroto. 

Perlu diperhatikan pula bahwa jenis burung poksay ini sangat menyukai mandi, sehingga pemberian mandi harus dilakukan secara rutin setiap harinya. 

Memancing agar poksay mandarin rajin bunyi dapat dilakukan dengan memutarkan suara rekaman burung sejenis. Berikut video burung poksay mandarin yang suaranya dapat anda gunakan untuk memancing bunyi: 




Salam sukses 
Iklan Premium Omkicau

Artikel Terkait

loading...