Tentang burung terancam punah, Indonesia peringkat kedua!

1/04/2018
Selama bertahun-tahun, Indonesia masih menempati urutan kedua dari banyaknya jenis burung yang terancam punah. Posisi tersebut tentu bukan sesuatu yang patut dibanggakan, karena hal itu bisa menjadi tanda-tanda bahwa negara ini akan atau telah kehilangan beberapa jenis burung langka. 

burung terancam punah



Berdasarkan data IUCN atau Badan Konservasi Dunia, ada 131 spesies burung yang sedang menuju kepunahannya. Dari angka tersebut, Brazil menempati urutan pertama dengan jumlah spesies burung terancam punah palng tinggi yaitu 165 spesies. Sedangkan posisi ketiga dan keempat ditempati oleh Peru (126 spesies) dan Kolombia (122 spesies).

Tingginya jumlah burung terancam punah tersebut tentu kian mengkhawatirkan, apalagi Indonesia dikenal sebagai rumah bagi sekitar 1.6666 jenis burung yang 427 jenis di antaranya merupakan burung endemik alias tidak bisa ditemukan di negara lainnya. 

Menurut data dari IUCN Red List, ke 131 jenis burung terancam punah itu terbagi dalam tiga kategori, yaitu: 


  1. 21 spesies dengan status Critically Endangered (CR; Kritis)
  2. 34 spesies dengan status Endangered (EN; Terancam)
  3. 76 spesies dengan status Vulnerable (VU; Rentan)


Adapun faktor utama yang selalu menjadi ancaman terhadap kelangsungan hidup burung-burung liar di Indonesia adalah degradasi lahan dan habitat yang rusak. 

Selain itu juga disebabkan oleh maraknya perburuan liar untuk diperdagangkan secara ilegal. 




Katalog Produk Omkicau

Artikel Terkait

Loading...
close