5/07/2018

Rawatan anis merah macet dengan buah peer

Akan jadi sesuatu hal yang merisaukan jika burung yang tadinya rajin bunyi sampai teler tiba-tiba berubah jadi mogok berbunyi. Tak jarang, kondisi tersebut terjadi tanpa sebab yang jelas.



Namun begitu, perilaku macet bunyi sudah dianggap sebagai kondisi yang umum dijumpai pada burung anis merah. Bahkan tak sedikit kicaumania memulihkan kondisi anis merahnya yang macet tersebut dengan berbagai macam cara, salah satunya memanfaatkan buah peer dalam perawatan hariannya.

Secara umum, ada beberapa macam penyebab burung anis merah gampang sekali mogok berbunyi. Beberapa hal itu antara lain:

  • Stres setelah mengalami perjalanan yang panjang 
  • Stres seteah berganti sangkar atau sangkar yang digunakan kurang cocok untuk burung anis merah. 
  • Stres lantaran mental yang ngedrop setelah dilombakan. 
  • Stres karena kondisi burung yang tidak fit yang disebabkan oleh burung sakit atau mau mabung. 
  • Dan berbagai macam penyebab lainnya. 

Untuk memulihkan burung anis merah yang macet bunyi, para kicaumania akan memberikan pola rawatan harian yang sangat teratur meliputi:
  1. Mengembunkan burung setiap pagi 
  2. Memberikan satu sendok teh kroto pada waktu burung sedang diembunkan 
  3. Memberikan cacing tanah sebanyak dua ekor setelah matahari terbit 

Cara lainnya adalah menyiapkan buah peer yang dikupas kulitnya lalu diparut menggunakan parutan. Hasil parutan kemudian diperas menggunakan saringan sedangkan ampasnya yang masih basah kemudian dicampurkan dengan satu sendok teh kroto lalu diaduk sampai merata. Berikan secara rutin sampai kondisi burung kembali pulih.

Untuk membantu mempercepat pemulihannya, dalam perawatan hariannya anda bisa menyediakan multivitamin tambahan seperti BirdVit yang mengandung zat-zat aktif bermanfaat untuk pemulihan burung stres dan sakit.

Semoga manfaat